SOLUSI AGAR URL BLOG BISA DIAKSES TANPA HARUS MENULIS WWW. MENGGUNAKAN COSTUM DOMAIN SENDIRI

July 04, 2017
Agan visitor Ajarin Nge-Blog, pernahkah kalian mengalami hal serupa sesuai judul postingan di atas ?
Ya, saya sendiri juga pernah mengalaminya. Setelah sukses parkir domain di Blogger, hal yang membuat saya kurang nyaman adalah saat saya mencoba ketik di address bar browser url blog tanpa www. yang muncul adalah erros 404 atau page not found. Namun ketika saya ketik url blog dengan www.ajarin.ml sukses masuk di blog dengan lancar.

Akhirnya setelah saya cari tahu solusinya, ternyata permasalahannya terletak pada dua hal, yaitu di cara setting redirect di dasbor blog dan A record di panel domain yang saya buat.

Pertama
Sebagai contoh menggunakan blog saya.
Masuk di setting Blogger > Basic > Publishing.
Contreng ✔ "redirect ajarin.ml to www.ajarin.ml"


Kedua
Masuk di panel (client area) penyedia layanan domain kamu, saya menggunakan layanan jasa freenom, untuk CNAME biarkan saja jangan dirubah, kamu fokus di A Record.
Klik > Manage Domain > Manage Freenom DNS
Langkah selanjutnya adalah memasukkan DNS satu persatu di bawah ini di A Record (kotak akhir) kemudian Save.

216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21


Tunggu beberapa menit, hapus history browser, lalu coba buka blog agan dengan menulis url tanpa www. di address bar.
Cara di atas sama saja diterapkan di layanan blogger yang lain dan penyedia layanan domain yang lain.
Semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »
0 Komentar